STEAM-THE​ ENERGY FLUID

Steam is efficient and economic

This introductory module describes the many benefits and uses of steam in industry today.

0 0
Read Time7 Minute, 24 Second

STEAM-THE​ ENERGY FLUID

STEAM - CAIRAN ENERGI
STEAM – CAIRAN ENERGI

Steam Energi Fluida Berguna untuk memperkenalkan topik tentang steam boiler dengan mempertimbangkan banyak kegunaan dan manfaatnya, sebelum memasuki tinjauan umum tentang instalasi Steam Boiler atau penjelasan teknis apa pun.
Steam Boiler telah datang jauh dari asosiasi tradisionalnya dengan lokomotif dan Revolusi Industri. Steam Boiler hari ini adalah bagian integral dan penting dari teknologi modern. Tanpa itu, industri makanan, tekstil, kimia, medis, listrik, pemanas, dan transportasi kita tidak akan ada atau tampil seperti mereka.
Steam Boiler menyediakan sarana untuk mengangkut jumlah energi yang dapat dikendalikan dari Unit boiler otomatis terpusat, di mana ia dapat dihasilkan secara efisien dan ekonomis, sampai ke titik penggunaan. Oleh karena itu ketika uap/steam bergerak di sekitar pabrik, hal itu dapat dianggap sebagai transportasi dan penyediaan energi.
Karena berbagai alasan, uap/steam adalah salah satu komoditas yang paling banyak digunakan untuk membawa energi panas. Penggunaannya populer di seluruh industri untuk berbagai kebutuhan mulai dari produksi tenaga mekanik hingga pemanasan ruang  aplikasi proses.

Steam efisien dan ekonomis untuk dihasilkan
Air berlimpah dan tidak mahal. Ini tidak berbahaya bagi kesehatan dan ramah lingkungan. Dalam bentuk gasnya, ia adalah pembawa energi yang aman dan efisien. Uap dapat menampung energi potensial lima atau enam kali lipat massa air.
Ketika air dipanaskan dalam boiler, ia mulai menyerap energi. Tergantung pada tekanan dalam boiler, air akan menguap pada suhu tertentu untuk membentuk uap. Uap tersebut mengandung sejumlah besar energi yang tersimpan yang pada akhirnya akan ditransfer ke proses atau ruang yang akan dipanaskan.Ini dapat dihasilkan pada tekanan tinggi untuk menghasilkan suhu uap tinggi. Semakin tinggi tekanan, semakin tinggi suhu. Lebih banyak energi panas terkandung dalam uap suhu tinggi sehingga potensinya untuk melakukan pekerjaan lebih besar.

Boiler shell modern kompetitif dan efisien dalam desainnya, menggunakan beberapa metode dan teknologi fire burner yang efisien untuk mentransfer proporsi energi yang terkandung dalam bahan bakar ke air dengan sangat tinggi, dengan emisi minimum.

Bahan bakar ketel dapat dipilih dari berbagai opsi, termasuk limbah yang mudah terbakar, yang menjadikan ketel uap menjadi pilihan yang ramah lingkungan di antara pilihan yang tersedia untuk menyediakan panas. Pabrik boiler terpusat dapat memanfaatkan tarif gas interruptible yang rendah, karena bahan bakar siaga yang sesuai dapat disimpan untuk digunakan ketika pasokan gas terganggu.

Sistem pemulihan panas yang sangat efektif sebenarnya dapat menghilangkan biaya blowdown, mengembalikan kondensat yang berharga ke rumah boiler dan menambah efisiensi keseluruhan steam dan kondensat loop.
Semakin populernya sistem Combined Heat and Power (CHP) menunjukkan penghargaan yang tinggi terhadap sistem steam di lingkungan saat ini dan industri yang sadar energi.

Uap dapat dengan mudah dan hemat biaya didistribusikan ke titik penggunaan
Karena hubungan langsung antara tekanan dan suhu uap jenuh, jumlah input energi ke proses mudah dikendalikan, cukup dengan mengendalikan tekanan uap jenuh. Kontrol uap modern dirancang untuk merespons dengan sangat cepat terhadap perubahan proses.

katup kontrol dua port tipikal dan rakitan aktuator pneumatik, dirancang untuk digunakan pada uap. Akurasinya ditingkatkan dengan menggunakan positioner katup pneumatik.

Penggunaan katup dua-port, alih-alih katup tiga-port yang sering diperlukan dalam sistem cair, menyederhanakan kontrol dan pemasangan, dan dapat mengurangi biaya peralatan.

Uap mudah dikendalikan
Karena hubungan langsung antara tekanan dan suhu uap jenuh, jumlah input energi ke proses mudah dikendalikan, cukup dengan mengendalikan tekanan uap jenuh. Kontrol uap modern dirancang untuk merespons dengan sangat cepat terhadap perubahan proses.

Butir yang ditunjukkan pada Gambar 1.1.4 adalah katup kontrol dua port tipikal dan rakitan aktuator pneumatik, dirancang untuk digunakan pada uap. Akurasinya ditingkatkan dengan menggunakan positioner katup pneumatik.

Penggunaan katup dua-port, alih-alih katup tiga-port yang sering diperlukan dalam sistem cair, menyederhanakan kontrol dan pemasangan, dan dapat mengurangi biaya peralatan.

Energi mudah ditransfer ke proses
Uap memberikan transfer panas yang sangat baik. Ketika uap mencapai pabrik, proses kondensasi secara efisien mentransfer panas ke produk yang dipanaskan.

Uap dapat mengelilingi atau disuntikkan ke dalam produk yang sedang dipanaskan. Ini dapat mengisi ruang apa pun pada suhu yang seragam dan akan memasok panas dengan kondensasi pada suhu konstan; ini menghilangkan gradien suhu yang dapat ditemukan di sepanjang permukaan perpindahan panas – masalah yang sering kali merupakan fitur minyak suhu tinggi atau pemanas air panas, dan dapat menyebabkan masalah kualitas, seperti distorsi bahan yang dikeringkan.

Karena sifat perpindahan panas uap sangat tinggi, area perpindahan panas yang dibutuhkan relatif kecil. Ini memungkinkan penggunaan instalasi yang lebih ringkas, yang lebih mudah untuk dipasang dan menghabiskan lebih sedikit ruang di instalasi. Unit modern yang dikemas untuk air panas yang dipanaskan dengan uap, diberi nilai sampai 1200 kW dan menggabungkan penukar panas pelat uap dan semua kontrol, hanya membutuhkan ruang lantai 0,7 m². Sebagai perbandingan, unit yang dikemas dengan menggunakan penukar panas shell dan tube biasanya akan mencakup area dua sampai tiga kali ukuran itu.

Pembangkit uap modern mudah dikelola
Semakin banyak, pengguna energi industri mencari untuk memaksimalkan efisiensi energi dan meminimalkan biaya produksi dan biaya tambahan.pengaruh eksternal utama yang mendorong tren efisiensi energi, dan telah menyebabkan berbagai langkah di seluruh dunia, seperti Retribusi Perubahan Iklim di indonesia. Juga, di pasar kompetitif saat ini, organisasi dengan biaya terendah sering kali dapat mencapai keunggulan penting dibandingkan saingan. Biaya produksi dapat berarti perbedaan antara kelangsungan hidup dan kegagalan di pasar.

Cara-cara meningkatkan efisiensi energi mencakup pemantauan dan pengisian konsumsi energi ke departemen terkait. Ini membangun kesadaran biaya dan memfokuskan manajemen pada pemenuhan target. Biaya overhead variabel juga dapat diminimalkan dengan memastikan pemeliharaan yang terencana dan sistematis; ini akan memaksimalkan efisiensi proses, meningkatkan kualitas dan mengurangi waktu henti.

Sebagian besar kontrol uap dapat berinteraksi dengan instrumentasi jaringan modern dan sistem kontrol untuk memungkinkan kontrol terpusat, seperti dalam kasus sistem SCADA atau Sistem Manajemen Bangunan / Energi. Jika diinginkan, komponen sistem uap juga dapat beroperasi secara mandiri (mandiri).

Dengan pemeliharaan yang tepat, pembangkit uap akan bertahan selama bertahun-tahun, dan kondisi banyak aspek sistem mudah dipantau secara otomatis. Bila dibandingkan dengan sistem lain, manajemen dan pemantauan steam traps yang direncanakan mudah dicapai dengan sistem monitoring trap, di mana setiap kebocoran atau penyumbatan secara otomatis ditunjukkan dan segera dibawa ke perhatian insinyur.

Ini dapat dikontraskan dengan peralatan mahal yang diperlukan untuk pemantauan kebocoran gas, atau pemantauan manual yang memakan waktu terkait dengan sistem minyak atau air.

Selain itu, ketika sistem steam memerlukan perawatan, bagian yang relevan dari sistem mudah diisolasi dan dapat mengalir dengan cepat, artinya perbaikan dapat dilakukan dengan cepat.

Dalam banyak contoh, telah terbukti bahwa jauh lebih murah untuk membuat pembangkit uap yang telah lama diperbarui dengan sistem kontrol dan pemantauan yang canggih, daripada menggantikannya dengan metode alternatif penyediaan energi, seperti sistem gas desentralisasi. Studi kasus yang dirujuk dalam Modul 1.2 memberikan contoh kehidupan nyata.

Teknologi canggih hari ini jauh dari persepsi tradisional tentang uap sebagai bahan mesin uap dan Revolusi Industri. Memang, steam adalah pilihan yang lebih disukai untuk industri saat ini. Sebutkan merek konsumen yang terkenal, dan dalam sembilan dari sepuluh kasus, steam akan memainkan peran penting dalam produksi.

Uap fleksibel
Tidak hanya uap merupakan pembawa panas yang luar biasa, uap juga steril, dan karenanya populer untuk digunakan dalam industri makanan, farmasi, dan kesehatan. Ini juga banyak digunakan di rumah sakit untuk keperluan sterilisasi.

Industri di mana uap digunakan berkisar dari minyak besar dan pabrik petrokimia hingga pencucian lokal kecil. Kegunaan lebih lanjut termasuk produksi kertas, tekstil, pembuatan bir, produksi makanan, menyembuhkan karet, dan memanaskan dan melembabkan bangunan.

Banyak pengguna merasa nyaman menggunakan uap sebagai fluida kerja yang sama untuk pemanasan ruang dan untuk aplikasi proses. Misalnya, dalam industri pembuatan bir, uap digunakan dalam berbagai cara selama berbagai tahap proses, dari injeksi langsung ke pemanasan koil.

Steam pada dasarnya aman – tidak dapat menyebabkan percikan api dan tidak menimbulkan risiko kebakaran. Banyak pabrik petrokimia menggunakan sistem pemadam api uap. Karena itu ideal untuk digunakan di daerah berbahaya atau atmosfer yang mudah meledak.

Metode lain untuk mendistribusikan energi
Alternatif untuk uap termasuk air dan cairan termal seperti minyak suhu tinggi. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan, dan akan paling cocok untuk aplikasi atau pita suhu tertentu.

Dibandingkan dengan uap, air memiliki potensi lebih rendah untuk membawa panas, akibatnya sejumlah besar air harus dipompa di sekitar sistem untuk memenuhi persyaratan proses atau ruang pemanasan. Namun, air populer untuk aplikasi pemanasan ruang umum dan untuk proses suhu rendah (hingga 120 ° C) di mana beberapa variasi suhu dapat ditoleransi.

Cairan termal, seperti minyak mineral, dapat digunakan di mana dibutuhkan suhu tinggi (hingga 400 ° C), tetapi di mana uap tidak dapat digunakan. Contohnya akan mencakup pemanasan bahan kimia tertentu dalam proses batch. Namun fluida termal mahal, dan perlu diganti setiap beberapa tahun – mereka tidak cocok untuk sistem besar. Mereka juga sangat ‘mencari’ dan koneksi dan sambungan berkualitas tinggi sangat penting untuk menghindari kebocoran.

Media yang berbeda dibandingkan pada Tabel 1.1.1,

yang mengikuti. Pilihan akhir dari media pemanas tergantung pada pencapaian keseimbangan antara faktor teknis, praktis dan finansial, yang akan berbeda untuk setiap pengguna.

Secara umum, untuk pemanasan komersial dan ventilasi, dan sistem industri, uap tetap menjadi pilihan paling praktis dan ekonomis.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *