Unit-unit ini juga dikenal sebagai pemanas minyak panas, atau pemanas minyak sedang panas (HMO) di seluruh industri O&G.

Pemanas fluida termal untuk produksi minyak nabati

Dalam industri makanan, minyak nabati sangat penting. Minyak harus dipantau secara ketat untuk memastikan bahwa tidak ada fluktuasi suhu, karena dapat dengan mudah menjadi kental jika mengalami tingkat panas yang tidak mencukupi. Minyak yang lebih tebal memiliki aliran terbatas, yang menciptakan inefisiensi dalam produksi dan dapat mengganggu kualitas produksi.

Apa yang membuat pemanas fluida termal efektif untuk aplikasi pemrosesan minyak nabati adalah kapasitas untuk mencapai suhu tinggi secara konsisten pada tekanan rendah. Karena pemanas fluida termal adalah sistem loop tertutup, mereka tidak perlu diisi ulang selama operasi. Ini berarti bahwa operasi tidak terganggu dan produksi dapat dilanjutkan sesuai rencana.

Burner unit meningkatkan suhu fluida termal. Panas bergerak melalui koil heliks unit pada suhu yang telah ditentukan dan kemudian memanaskan gulungan peralatan di tempat lain dalam fasilitas melalui pipa tunggal. Katup mengelola aliran minyak panas di peralatan lain, yang dapat dikontrol secara individual untuk memenuhi persyaratan.

Suhu yang dapat disesuaikan ini sangat penting untuk makanan seperti sirup dan madu, yang membutuhkan sedikit panas untuk mengurangi viskositasnya agar menjadi cairan aliran lunak.

Satu pemanas fluida termal mampu menyediakan panas yang cukup untuk beberapa bagian peralatan yang berbeda yang dihubungkan oleh sirkuit fluida termal. Akibatnya, pemanas fluida termal dapat menyediakan energi yang cukup untuk sebagian besar produksi.

Temperatur tinggi pada tekanan rendah

Pemanas fluida termal mencapai suhu yang dapat diandalkan pada tekanan rendah, sementara itu membutuhkan perawatan minimal. Karena mereka adalah sistem loop tertutup, mereka tidak perlu diisi ulang selama operasi. Ini berarti bahwa produksi tidak terganggu dan downtime dapat dihindari.

Perusahaan Heatec yang berbasis di AS adalah produsen spesialis pemanas fluida termal, yang memiliki output hingga 75 juta Btu per jam, dengan model kapasitas yang lebih kecil tersedia berdasarkan permintaan.

Pemanas dapat membakar sejumlah bahan bakar yang berbeda, dengan tingkat efisiensi termal yang tinggi memastikan bahwa sangat sedikit dari ini yang pernah terbuang. Unit dengan kumparan heliks dua lintasan adalah yang paling umum, dengan lilitan heliks tiga lintasan dan jenis serpentin juga tersedia. Heatec menawarkan unit horizontal dan vertikal yang sesuai dengan kebutuhan klien.

Salah satu faktor penting yang perlu diingat untuk sistem pemanas fluida termal adalah oksidasi. Hal ini dapat menyebabkan fluida termal memburuk dan lumpur menumpuk di peralatan. Namun, oksidasi dapat diminimalkan melalui penggunaan nitrogen, yang kemudian akan memperpanjang umur operasional unit. Semua pemanas fluida termal Heatec dibangun untuk memastikan bahwa peluang untuk oksidasi dibatasi.